Translate

Senin, 23 Februari 2015

2. Pantai Pok Tunggal / Gunung Kidul, Yogyakarta































ini mulai dapat diakses oleh para wisatawan sejak tahun 2012 silam. Jarak tempuh dari Wonosari sekitar 50 km. Pemberian nama poktunggal berasal dari sebuah pohon Duras besar yang sampai saat ini masih kokoh berdiri. Pohon ini yang akhirnya menjadi ciri khas dan keunikan dari pantai Poktunggal gunung kidul  ini.Potensi yang dimiliki pantai ini adalah pemandangan pantai yang landai dengan pasir putih yang dapat digunakan untuk kegiatan oleh raga pantai seperti volley pantai, treking tebing, sunset, makan malam romantis di tepi pantai.
Para wisatawan dapat menginap di pantai dengan tenda – tenda yang sudah disediakan. Pihak pengelola pantai poktunggal gunung kidul sengaja tidak membangun bangunan untuk penginapan dengan alasan agar para wisatawan yang bermalam di pantai ini menggunakan tenda agar menyatu dengan alam.
Menikmati keindahan Pantai Pok Tunggal takkan lengkap bila tidak meluangkan waktu sejenak untuk menunggu matahari tenggelam di balik cakrawala.tidak jarang rombongan bule yang menggendong ransel besar yg akan berkemah di pantai ini
Pesona yang sesungguhnya dari Pok Tunggal adalah barisan tebing karang yang berdiri gagah bagaikan benteng yang melindungi pantai ini dari dunia luar. Tebing-tebing yang tegak lurus seperti dinding karang setinggi 50-an meter ini sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai arena olahraga panjat tebing. Tentu saja butuh nyali dan keterampilan luar biasa untuk memanjat tebing ini karena hingga kini belum ada jalur pemanjatan (Sept 2012). Semoga tak lama lagi ada pemanjat yang menaklukkan tebing ini dan membuka jalurnya.
Di tebing-tebing karang pantai ini masih terdapat primata liar. Ketika anda berkunjung, terlihat kawanan monyet liar melompat dari balik tebing di sebelah timur. Anehnya di pantai ini juga terdapat mata air tawar, kemungkinan besar berasal dari aliran sungai bawah tanah khas daerah karst. Sumber air itulah yang memenuhi kebutuhan warung-warung makan dan kamar mandi umum hasil swadaya masyarakat setempat.
. Asyik juga bermalam di tenda sambil menikmati hembusan angin pantai serta deburan ombak setelah menikmati lembayung senja. Bila tidak membawa tenda, kita bisa menyewa tenda dome pada penduduk setempat. Namun bila memutuskan untuk pulang malam, Anda harus ekstra hati-hati. Jalan sempit dan berbatu itu sekali lagi menantang nyali karena belum dilengkapi lampu penerang sama sekali.
Pesona Pantai Pok Tunggal dengan hamparan pasir putih yang dikelilingi oleh dinding perbukitan merupakan lokasi yang asyik untuk dieksplorasi. Pantai Pok Tunggal yang terletak di antara Indrayanti dan Siung ini semakin mengukuhkan Gunungkidul sebagai gudangnya pantai-pantai cantik berpasir putih yang masih alami.

Peta Lokasi Alamat Pantai Pok Tunggal Jogja, menuju jalan serta rute ke pantai Pok Tunggal yang mudah dan cepat. Dengan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi melewati jalan alternatif yang cepat. Untuk anda yang berada dari luar kota dan ingin berwisata dengan mengunjungi pantai ini, saya sarankan agar anda mengetahui betul rute lokasi jalan menuju pantai Pok Tunggal supaya anda bisa menghemat waktu dan tidak kesasar menuju jalan pantai.


Lokasi pantai ini tepatnya berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Tidaklah sulit apabila anda ingin berkunjung kepantai ini. Dari hasil penelusuran TWDJ pantai ini letaknya bersebelahan dengan Pantai Watu Lawang dan Pantai Seruni. Jadi, apabila anda kurang puas anda juga dapat mengunjungi pantai lainnya. Perjalanan kepantai ini bisa anda tempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor dari kota jogja sekitar 2 jam. Apabila anda mengendarai mobil perkiraan perjaanan bisa anda tempuh memakan waktu sekitar 2,5 jam dari kota jogja. lamanya perjalanan dari kota jogja kepantai Pok Tunggal akan segera terbayar saat anda sampai ke lokasi pantai dan menikmati Indahnya Pantai Pok Tunggal.


Rute Lokasi Pantai Pok Tunggal
Jogja -> Imogiri -> Panggang -> Jalan Saptosari -> Tepus -> Ikuti Arah ke Pantai Baron -> Pertigaan Jalan sebelum Pantai Baron belok kiri menuju Pantai Indrayanti -> Pertigaan di Kawasan Pantai Indrayanti ke kiri ikuti jalan aspal -> Pos Retribusi » beberapa meter sebelah kanan jalan ada papan petunjuk arah "Pantai Pok Tunggal" -> ikuti jalan kecil cor blok (jalan batu) ke lokasi pantai Pok Tunggal dengan ciri ada Pohon Duras di kanan jalan masuk

Dari Arah Solo Ke pantai Pok Tunggal
Dari Prambanan -> Ambil kiri di pertigaan Jl Solo Prambanan menuju Jl Wonosari -> Patuk -> Sambipitu -> Hutan Bunder -> Wanagama -> Gading -> Logandeng -> Siyono -> Bundaran Tugu BPD -> Jl. Kyai Legi -> Jalan Lingkar Selatan -> Jl. KRT Djojodiningrat -> Jalan Girisubo -> Wonosari -> Jalan Saptosari -> Tepus -> Pok Tunggal

Dari Kota Wonosari anda harus sampai terlebih dahulu ke Gunungkidul lalu anda ikuti jalan menuju deretan Pantai Baron Krakal, Kukup. Setelah anda sampai di gerbang utama, Anda belok kiri menuju jajaran Pantai Drini dan Indrayanti. Dari pantai Indrayanti anda masih lurus terus menuju arah Pantai Siung. Selanjutnya disana akan ada pertigaan dengan petunjuk arah menuju Pantai Pok Tunggal. Ikuti petunjuk arah dan anda akan sampai ke Pantai Pok Tunggal.

Gimana sobat sekalian indah & romantis bukan...????????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar